Minggu, 17 September 2017

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi




Zaman sekarang, informasi lebih mudah diketahui, masyarakat yang ada di belahan dunia bagian barat dengan mudah mengetahui keadaan masyarakat di belahan dunia bagian selatan, hal itu tidak lepas dari perkembangan Teknologi Informasi. Nah sebelum kalian melihat perkembangan sejarahnya ada baiknya tahu apa yang dimaksud  dengan Teknologi Informasi !!!

      Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).



Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi

1.     Masa Prasejarah  

Pada zaman prasejarah manusia mulai mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka, kemudian melukiskannya pada dinding gua tempat tinggalnya. Awal komunikasi mereka pada zaman ini hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan menggunakan isyarat tangan.Pada masa ini mulai diciptakan dan digunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, dan isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.

            (Piktografi (3000 SM))      

(Hieroglif (2900 SM ))

 








   
(Serat Papyrus  (500 SM))
          


(Pada masa ini (105 SM), bangsa cina menemukan

sebuah kertas, dan kertas inilahyang kita kenal

  sampai  sekarang ini)

                                                                                          
















    

      2.   Masa Modern (1400 M sampai Sekarang)
            a. Tahun 1455
                Pada 1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak   
    dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti dalam
                bingkai yang terbuat dari kayu.
                
Mesin cetak pertama



Johann Gutenberg













          b. Tahun 1830
              Muncullah sebuah program komputer pertama yang ditulis oleh Augusta Lady Byron, dia bekerja sama dengan Charles Babbage. Augusta merupakan seorang  wanita yang menjadi programmer pertama di dunia.

                  
  Augusta Lady Byron   
              
 

Charles Babbage
















 c.   Tahun 1837
       Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik  melalui kabel tunggal.



Telegraf dan penemunya (Samuel Morse)

         d.  Tahun 1877
                Pada 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1879, sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem pemanggilan nama.


  
Telefon dan penemunya (Alexander Graham Bell)




          e.  Tahun 1889
                Pada 1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat.
             
Kartu Perforasi dan penemunya (Herman Hollerith)


           f.   Tahun 1931
                 Pada 1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.
Kalkulator dan penemunya (Vannevar Bush)


           g.  Tahun 1939
                 Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasi menciptakan komputer elektronik digital pertama. Sejak saat ini, komputer terus mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih.


             
Dr.John V. Atanasoff dan Clifford berry (Penemu komputer elektronik digital pertama)

               h.  Tahun 1973 sampai 1990
                  Pada masa ini, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper tentang TCP/IP.  Secara harfiah, internet (interconnected networking) diartikan sebagai rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada 1969 sebagai ARPANET yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency).
                       Pada 1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut  CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.
                       Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal sekarang. 
                       Kemudian pada 1986, IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantara DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway. Pada 1990-an, internet telah berkembang dan menyambungkan banyak pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.

               
ARPANET

           i.   Tahun 1991 sampai Sekarang
                     Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya.
              Pada 1992, mulai terbentuk komunitas internet dan diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN.
               Pada 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet).
               Pada 1994, pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam berbagai segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.
         Pada 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone. Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi, khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.

Perkembangan Teknologi Informasi dari tahun 1991 sampai Sekarang


Untuk info lebih lanjut silahkan klik disini !!!




Demikianlah artikel mengenai Perkembangan Teknologi Informasi. Semoga Bermanfaat






0 komentar:

Posting Komentar