Rabu, 20 September 2017

Hacker VS Cracker


Mungkin kita sering sekali salah kaprah tentang Hacker dan Cracker, banyak orang yang beranggapan bahwa orang yang merusak sistem itu adalah Hackers dan yang merawat sistem adalah Crackers.
Melalui artikel ini, saya akan menjelaskan api itu Hacker dan Cracker!!!

 

Hacker

             Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.

           Hacker memiliki konotasi negatif karena kesalahpahaman masyarakat akan perbedaan istilah hacker dan cracker. Banyak orang memahami bahwa hacker-lah yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web (defacing), menyisipkan kode-kode virus, dll. Padahal mereka adalah cracker-lah yang menggunakan celah-celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (bug) untuk menyusup dan merusak suatu sistem.  
Atas alasan ini biasanya para hacker dipahami menjadi dua golongan : 

1. White Hat Hacker 
    White hat hacker adalah  istilah teknologi informasi yang mengacu kepada hacker yang secara etis menunjukkan kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White hat secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.

2. Black Hat Hacker
     Black hat hacker adalah dalam penggunaan umum, hacker adalah seseorang yang menerobos masuk ke dalam komputer, biasanya dengan memperoleh akses ke kontrol administratif. Beberapa berpendapat bahwa hacker,digambarkan sebagai orang yang menerobos masuk ke dalam komputer dengan cara menerobos sistem keamanannya.di dunia ada komunitas hacker.komunitas hacker ini adalah komunitas orang yang memiliki minat besar dalam pemrograman komputer, sering menciptakan perangkat lunak open source. Orang-orang ini sekarang mengacu pada cyber-criminal hacker sebagai "cracker". 

Seorang hacker didukung dengan perangkat-perangkat (tools) dan selain itu para hacker juga memiliki sertifikat resmi.  


Cracker

           Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, dan mencuri data.
 Dan cracker ini masuk ke dalam golongan Black hat hacker, seperti yang telah di jelaskan di golongan hacker di atas.
 
Demikianlah pembahasan mengenai hacker dan cracker, jadi udah bisa kalian bedain kan, jangan sampai kebalik yah guys......


0 komentar:

Posting Komentar